Pemasaran Digital : Pengertian dan Jenis Strateginya yang Perlu Diketahui

Blog » Pemasaran Digital : Pengertian dan Jenis Strateginya yang Perlu Diketahui
Pemasaran Digital : Pengertian dan Jenis Strateginya yang Perlu Diketahui

Di era modern seperti sekarang, pemasaran digital menjadi salah satu hal penting. Hal ini karena semakin banyaknya pelaku bisnis yang bermunculan untuk menggaet konsumen melalui produk atau jasa yang dijual. Banyaknya pelaku bisnis lantaran sistem digital mengundang kemudahan dalam prosesnya.

Berbeda dengan pemasaran zaman dulu yang mana prosesnya terbilang sedikit ribet. Dengan adanya pemasaran secara digital, maka penjualan terasa lebih mudah dan praktis. Terlebih untuk konsumen yang merasa malas untuk keluar hanya untuk berbelanja satu produk saja.

Mengenal Apa Itu Pemasaran Digital

Beberapa orang mungkin masih belum tahu apa itu pemasaran secara digital. Bisa dibilang kegiatan tersebut adalah memasarkan produk atau layanan tertentu dengan menggunakan teknologi digital, seperti media sosial, website, internet, dan media digital lainnya.

Ada beberapa istilah yang mencakup berbagai strategi pemasaran, contohnya Pemasaran Email, Pemasaran Media Sosial, dan Pengoptimalan Mesin Telusur atau SEO. Banyaknya strategi dan media digital tak heran jika iklan juga dilakukan di media tersebut. Hal ini pula yang membuat pelaku bisnis bisa mendapatkan data yang dibutuhkan.

Selain itu, melakukan pemasaran secara digital bisa memberikan beberapa manfaat. Pertama, bisa dipantau dan terukur. Maksudnya, pelaku bisnis tetap bisa mengumpulkan data yang diinginkan terkait produk hanya dengan melakukan riset pasar. Kedua, jangkauannya lebih luas dan tertarget. Hal ini karena media sosial mempunyai banyak penggunanya.

Ketiga, efisiensi dalam optimasi. Banyaknya platform media online memungkinkan pemasar untuk membeli ruang iklan melalui berbagai website hanya dalam waktu singkat. Sementara jika dilihat dari pembeli, adanya pemasaran digital membuat efesiensi dari segi waktu dan biaya.

Jenis Digital Marketing

Sebagai pelaku bisnis online, tentunya harus tahu apa saja jenis dalam digital marketing. Tujuannya tentu saja untuk menambah konsumen sehingga keuntungan semakin lebih besar. Berikut ini beberapa jenisnya yang banyak digunakan.

Website

Bisa dibilang, website menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh pebisnis online. Melalui website, para calon konsumen bisa menemukan informasi yang diinginkan dengan mudah. Karena biasanya sebelum membeli produk, calon konsumen akan mencari tahu lebih banyak terkait produk tersebut.

Tidak hanya itu saja, adanya website menjadi bukti untuk menunjukkan profesionalisme dalam bisnis. Selain itu, menggunakan website bisa membantu untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak, lho. Apalagi media ini promosinya hemat dan menjadi media bisnis yang mudah.

Search Engine Marketing

Jenis digitao marketing yang kedua adalah Search Engine Marketing. Jenis ini bisa membantu perusahaan atau pelaku bisnis agar bisnisnya mudah ditemukan dalam mesin pencari. Secara umum, Search Engine Marketing terbagi menjadi dua, yakni SEO dan SEM.

Social Media Marketing

Sosial media menjadi salah satu jenis yang banyak diminati. Bahkan, tak sedikit yang menganggap jika media ini lebih mudah untuk menarik minat calon konsumen. Namun, hal ini tergantung dari jenis sosial media yang digunakan. Anda bisa menggunakan media Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok untuk mempromosikan bisnis.

Jenis Strategi Pemasaran Digital

Setelah mengetahui pengertian pemasaran secara digital secara singkat, ada baiknya untuk mengetahui jenis strategi yang digunakan dalam pemasaran. Hal ini penting diketahui untuk Anda yang ingin menjadi pelaku bisnis online atau bekerja yang berkaitan dengan pemasaran secara digital.

Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya untuk melakukan optimasi website agar bisa mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencarian. Tentunya untuk bisa berada di posisi teratas,  Anda harus memahami tentang sistem mesin pencari. Media yang bisa digunakan, contohnya blogs, indografis, dan website.

Content Marketing

Strategi pemasaran digital yang bisa dilakukan adalah content marketing. Strategi ini akan merencanakan, membuat, dan membagikan konten yang berkaitan dengan perusahaan atau bisnis. Biasanya, konten tersebut akan dibuat dalam bentuk unggahan bkog, artikel, media sosial, indografis, dan brosur online.

Call To Action Marketing

Beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan CTA, bukan? Call to action marketing ini adalah strategi pemasaran yang akan menggunakan pernyataan. Pernyataan tersebut dirancang untuk mendapatkan respons secara langsung dari audiens. Tak heran jika strategi ini akan menerapkan kata atau kalimat imperatif.

Email Marketing

Strategi yang bisa digunakan dalam pemasaran online adalah email marketing. Tak banyak yang tahu bahwa email bisa menjadi media yang tepat dalam menggaet banyak konsumen. Karena biasanya email menjadi salah satu hal yang sering dibuka oleh banyak orang. Jadi, tidak ada salahnya untuk menawarkan produk melalui email.

Inbound Marketing

Pernahkah Anda mendengar strategi yang satu ini? Strategi ini akan menggunakan konten dan interaksi yang relevan untuk membuat konsumen dekat pada produk atau jasa. Dengan memanfaatkan kebiasaan konsumen yang setiap saat menggunakan internet, maka pelaku bisnis bisa memaksimalkan fungsi media sosial, website, search engine, dan lainnya.

Teknologi Augmented Reality Marketing

Teknologi augmented reality adalah kemampuan untuk menambahkan elemen digital sehingga membuat calon konsumen melihat tampilan langsung hanya dengan bantuan kamera.

Teknologi ini ditujukan untuk membuat konsumen mencoba secara virtual produk atau jasa sebelum membelinya. Adanya aplikasi ini, calon konsumen bisa mengetahui alat atau produk mana yang dibutuhkan untuk menerapkan produk tertentu. Tak heran jika secara perlahan, startup besar menggunakan strategi ini untuk menarik konsumen.

Melihat beberapa jenis digital marketing dan strategi pemasaran digital, apakah Anda sudah siap untuk membuka bisnis? Dengan menerapkan strategi tepat, pastinya mudah untuk bersaing dengan kompetitor lain.

Baca Juga

PT Media Promosi Online

Digital Advertising Agency
Ruko Puri Dago No. A3
Jl. Terusan Jakarta, Antapani
Bandung 40293 - Jawa Barat
Indonesia

Sosial Media

Pembayaran

Pembayaran

Copyright © RajaKomen.com 2022 All Rights Reserved.
Advertiser order Instagram Komen 20
37 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 100
37 menit yang lalu.
Advertiser order Play Store Review 100
51 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 50
56 menit yang lalu.
Advertiser order Instagram Komen 50
46 menit yang lalu.
Advertiser order Instagram Komen 100
14 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 50
21 menit yang lalu.
Advertiser order 1000 subscribers YT
46 menit yang lalu.
Advertiser order Play Store Review 500
52 menit yang lalu.
Advertiser order 1000 subscribers YT
39 menit yang lalu.
Advertiser order IG Live Komen 100
53 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 100 View
36 menit yang lalu.
Advertiser order 50 kampanye posting
35 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 50 View Youtube
12 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Beli Komen Gmaps
6 menit yang lalu.
Advertiser order 100 Beli Komen Gmaps
46 menit yang lalu.
Advertiser order 100 kampanye posting
39 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 100 View Youtube
18 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Twitter Komen
39 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Komen Youtube
54 menit yang lalu.
Advertiser order 20 Komen Detik
19 menit yang lalu.