Apasih Enaknya Menjadi Youtuber di Indonesia ?

Blog » Apasih Enaknya Menjadi Youtuber di Indonesia ?
Apasih Enaknya Menjadi Youtuber di Indonesia ?

Menjadi seorang konten kreator di platform Youtube sudah bukan lagi soal hobi belaka, tapi juga sudah menjadi profesi sekaligus lahan bisnis yang sangat menguntungkan. Bukan rahasia lagi kalau seorang Youtuber, sebutan untuk para konten kreator di Youtube, bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah dalam jumlah yang cukup  fantastis.

Dalam satu bulan saja, mereka para Youtuber Indonesia bisa meraih pendapatan ratusan juta hingga miliaran rupiah, Fantastos bukan ? Belum lagi bicara soal popularitas, Youtube telah menjadi wadah ideal bagi siapa pun yang ingin membangun popularitas dan merintis karier berdasarkan minat atau bakatnya masing-masing.

Namun meskipun dengan iming-iming kenikmatan yang begitu hebatnya, tidak serta merta membuat semua YouTuber mendapatkan keuntungan tersebut dengan cara yang instan lho..

Tapi memang sih, enak kalau memang sudah membangun akun yang ramai subscriber dan penontonnya. Keuntungan dan kenikmatan duniawi bisa Anda dapatkan ketika menjadi Youtuber sukses di Indonesia.

Penasaran kan apasih enaknya menjadi Youtuber di Indonesia ? Simak terus yaaa...

1. Minim Pesaing

Untuk menjadi Youtuber di Indonesia sebenarnya cukup mudah kalau Anda mau mencari referensi dari Youtuber luar negeri dan mengaplikasikan temanya dengan kultur atau sedikit sentuhan Indonesia.

Dengan referensi YouTube luar yang memiliki segudang tema konten, jelas ini merupakan keuntungan luar biasa untuk Anda jadikan patokan untuk menjadi YouTube yang sukses di Indonesia.

2. Mendapatkan Popularitas

Sebagai sebuah wadah yang bisa diakses siapa saja dan di mana saja, Youtube bisa menjadi sarana ideal untuk membangun branding dan popularitas. Anda mungkin sudah cukup akrab dengan nama-nama seperti Raditya Dika, Semprod, Uus, Nessie Judge, kemudian dari luar negeri ada Buzzfeed, Dan Donut Media, Cassie Nestat, Colin Furzer, dll. Popularitas mereka adalah bukti bahwa Youtube bisa menjadi wadah untuk mendapatkan popularitas.

Selama Anda terus konsisten untuk berkarya dan menghadirkan sesuatu yang berbeda, hingga akhirnya semua itu menjadi ciri khas tersendiri, tidak akan sulit untuk membangun popularitas. Ketika namamu sudah banyak dikenal, bersiap-siaplah untuk dibanjiri permintaan endorsement dan sponsorship!

3. Mendapatkan Sarana Untuk Mengembangkan Diri

Internet dan media sosial bisa sangat bermanfaat jika digunakan untuk sesuatu yang positif, dan berlaku juga sebaliknya. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan langsung dengan menjadi seorang Youtuber adalah pengembangan diri. Cepat atau lambat, jika Anda sudah memutuskan untuk serius menjalani profesi sebagai Youtuber, Anda akan dituntut untuk terus kreatif dan produktif. Seorang Youtuber juga harus mampu menjaga hubungan mereka dengan para pengikut atau subscribersnya.

Selain itu, Anda juga harus memperkaya diri dengan pengetahuan, karena untuk terus menghasilkan sesuatu yang baru dan menarik dibutuhkan pengetahuan yang berkembang. Tapi semua itu akan terasa lebih mudah dan menyenangkan, karena profesi ini bisa dijalankan dengan santai tanpa harus terikat tempat dan waktu.

4. Menjadi Influencer, Punya Banyak Pengikut dan Menyebarkan Hal-Hal Baru

Ketika channelmu sudah semakin berkembang dan menghimpun banyak subscribers, kesempatan untuk memiliki banyak pengikut akan terbuka lebar. Dalam hal ini, secara tidak langsung Anda sudah menjadi seorang influencer. Itu artinya orang-orang akan mulai mencontoh segala sesuatu yang Anda lakukan.

Situasi ini bisa Anda manfaatkan untuk menyebarkan hal-hal baru yang bermanfaat bagi orang banyak. Seperti gaya hidup, tips dan trik, pemikiran-pemikiran dan wawasan baru, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan popularitas sekaligus memberikan kontribusi untuk kehidupan yang lebih baik! Menyenangkan bukan?

5. Memiliki Penghasilan Tambahan

Keuntungan yang kelima ini adalah sesuatu yang paling banyak dicari oleh para Youtuber, yaitu penghasilan! Sudah bukan rahasia lagi kalau para Youtuber bisa mengumpulkan penghasilan dalam jumlah yang besar. Anda bisa ambil contoh seorang penulis sekaligus stand-up comedian terkenal bernama Andre Taulany. Menurut beberapa sumber, dia berhasil mengumpulkan pemasukan mencapai 150 juta rupiah setiap bulannya (per Juni 2020), ini adalah penghasilan murni dari channel Youtubenya yang sekarang telah disubscribe oleh 3,1 juta orang lebih.

Lalu, dari mana saja sumber pendapatan tersebut? Umumnya, ada empat sumber utama yang menjadi sumber pendapatan mereka, yaitu YouTube Ads, program Affiliate Marketing, berjualan dan endorsement atau sponsorship. Namun sumber penghasilan Youtuber tidak hanya terbatas pada empat faktor itu saja, Anda juga bisa mencari peluang-peluang lain untuk meningkatkan nilai pemasukan.

6. Main Film dan Masuk TV Nasional

Banyak sekali Youtuber Indonesia yang memiliki jumlah viewer dan subscriber lumayan banyak akan diundang di berbagai talk show di acara televisi nasional maupun lokal.

Apabila kemampuan Anda di televisi terbilang cukup oke dan mumpuni, tidak menutup kemungkinan Anda bisa dilirik oleh rumah produksi maupun produser sinetron bahkan film.

Anda bisa melihat beberapa Youtuber yang sering diundang di TV dan akhirnya ikut main film bersama aktor-aktor terkenal. Yang bahkan Anda sendiri belum pernah membayangkan bagaimana rasanya masuk televisi nasional bahkan layar lebar.

7. Tawaran Iklan

Setelah Anda semakin terkenal karena sering tampil di Televisi Nasional, bukan tidak mungkin Anda akan terlibat dalam proses pembuatan iklan.

Hal ini bisa terjadi apabila audiens Anda jutaan jumlahnya dan setia, sehingga bisa mendongkrak penjualan produk mereka melalui iklan televisi dengan menampilkan wajah Anda sebagi ikon produk.

Menarik bukan ?

Nah, memang nampak enak menjadi Youtuber di Indonesia, namun semua itu tidak begitu mudah dicapai. Banyak sekali pengorbanan yang mereka lakukan sehingga bisa meraih kesuksesan seperti sekarang ini....

Baca Juga

PT Media Promosi Online

Jalan Cimanuk No. 6
Bandung 40115 - Jawa Barat
Indonesia

Sosial Media

Pembayaran

Pembayaran

Copyright © RajaKomen.com 2024 All Rights Reserved.
Advertiser order Instagram Komen 20
24 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 100
35 menit yang lalu.
Advertiser order Play Store Review 100
36 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 50
32 menit yang lalu.
Advertiser order Instagram Komen 50
51 menit yang lalu.
Advertiser order Instagram Komen 100
11 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 50
6 menit yang lalu.
Advertiser order 1000 subscribers YT
40 menit yang lalu.
Advertiser order Play Store Review 500
20 menit yang lalu.
Advertiser order 1000 subscribers YT
37 menit yang lalu.
Advertiser order IG Live Komen 100
19 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 100 View
11 menit yang lalu.
Advertiser order 50 kampanye posting
9 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 50 View Youtube
37 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Beli Komen Gmaps
46 menit yang lalu.
Advertiser order 100 Beli Komen Gmaps
7 menit yang lalu.
Advertiser order 100 kampanye posting
18 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 100 View Youtube
45 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Twitter Komen
38 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Komen Youtube
32 menit yang lalu.
Advertiser order 200 Komen Detik
48 menit yang lalu.
Advertiser order Share TikTok 100
42 menit yang lalu.
Advertiser order Share Twitter 100
59 menit yang lalu.
Advertiser order Kampanye Posting di TikTok 200
13 menit yang lalu.
Advertiser order Kampanye Posting di Twitter 100
13 menit yang lalu.