Apa sih itu Kampanye Pemasaran (Marketing Compaign) : Pengertian dan Jenis-jenisnya

Blog » Apa sih itu Kampanye Pemasaran (Marketing Compaign) : Pengertian dan Jenis-jenisnya
Apa sih itu Kampanye Pemasaran (Marketing Compaign) : Pengertian dan Jenis-jenisnya

Kampanye pemasaran merupakan bagian yang penting dari setiap perkembangan suatu perusahaan dan bisa membantu bisnis untuk meningkatkan kualitas mereknya, dapat mendatangkan pelanggan baru serta bisa menghasilkan lebih banyak penjualan. Beberapa jenis kampanye pemasaran yang kalian harus pilih sesuai dengan bisnis kalian.

Nah, dalam pembahasan kali ini akan dibahas apa itu kampanye pemasaran, serta ada beberapa jenis kampanye yang bisa kalian terapkan pada perusahaan kalian untuk menjalankan kampanye pemasaran tersebut dengan sukses.

Apa sih itu kampanye pemasaran?

Pengertian dari kampanye pemasaran ini yaitu teknik strategis pemasaran yang dituju untuk promosi usaha, baik itu nama perusahaan, merek, atau individu. Kampanye pemasaran dibuat khusus agar menarik perhatian dari calon konsumen melalui beberapa cara, misalnya seperti televisi, media sosial, iklan cetak, dan email. Biasanya tujuan dari kampanye ini untuk menaikkan penjualan dan menarik para pelanggan yang baru.

Berikut Komponen-komponen umum dari kampanye pemasaran ini meliputi :

Promosi
Iklan
Pendistribusian
Merchandise
Dan juga Harga

Hampir seluruh perusahaan memakai kampanye ini untuk meningkatkan penjualan dari bisnis mereka.

Apa Itu Pemasaran Kampanye Digital?

Kampanye pemasaran digital adalah salah satu pemasaran yang menggunakan media digital untuk mempromosikan suatu produk atau layanan dan juga bukan melalui media tradisional. Dalam pemasaran digital saat ini menggunakan berbagai portal di internet seperti platform media social, blog/website, iklan berbayar, email, dan lain-lain.

Pemasaran digital ini dapat membantu brand atau merek yang menjangkau sasaran pasar dengan menggunakan suatu platform di media sosial. Kampanye pemasaran digital bisa disebut sebagai bentuk yang disukai oleh banyak para pebisnis.

Apa sih perbedaan Kampanye Pemasaran dan Kampanye Periklanan?

Periklanan adalah suatu komponen yang sangat penting dari pemasaran. Hal tersebut adalah proses yang melibatkan berbagai media seperti Televisi, media sosial, radio, papan reklame, majalah, dan lain-lain.

Dalam mempromosikan suatu produk dan layanan secara bersamaan. Kampanye pemasaran ini menggunakan seluruh lingkup dari para pengguna agar bisa menjangkau banyak sasaran pasar dan menciptakan suatu merek. Contohnya, Instagram yang ingin meluncurkan produk baru, mereka akan menjadikan kampanye iklan menjadi bagian dari keseluruhan kampanye pemasaran mereka, yang mungkin mencakup penetapan harga, pencarian berbayar, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Kampanye Pemasaran

Berikut adalah beberapa jenis-jenis dari kampanye pemasaran yang bisa kalian gunakan untuk mencapai berbagai tujuan pemasaran dalam bisnis kalian :

1. Peluncuran Produk

Peluncuran produk baru dalam sebuah perusahaan sering dilibatkan dengan kampanye pemasaran yang bertujuan untuk menyebarkan suatu produk dan mengapa pelanggan nantinya akan membutuhkannya. Kampanye ini digunakan oleh pabrikan yang berkoordinasi dengan mitra distribusi manapun. Misal, sebuah perusahaan sepatu mempertimbangkan produk sepasang sepatu kets wanita yang baru untuk diluncurkan. Dalam kampanye pemasaran ini mungkin akan fokus menjangkau konsumen wanita dari kelompok usia tertentu yang menggunakan taktik pemasaran seperti sebuah iklan media sosial dan email ke konsumen yang sudah ada.

2. Peluncuran Merek

Kampanye ini sama halnya dengan kampanye peluncuran produk, peluncuran merek dilakukan pada saat perusahaan telah menciptakan merek yang baru dan ingin menaikkan kesadaran akan merek tersebut. Misal, pada sebuah perusahaan besar yang baru-baru ini telah mengembangkan merek baru yang berfokus dengan pasar baru dan belum pernah dimasuki oleh perusahaan manapun. Sebuah perusahaan yang menggunakan kampanye peluncuran merek untuk iklan produk barunya di media sosial dan mengirimkan email kepada pelanggan lama dan menawarkan diskon pada mereka ketika akan melakukan pembelian dari merek baru.

3. Rebranding

Rebranding ini merupakan kampanye pada saat perusahaan menggunakan pemasaran untuk promosikan berbagai perubahan seperti logo, nama perusahaan, atau merger dengan organisasi lain. Perusahaan yang menggunakan jenis kampanye pemasaran ini yang biasanya tidak disukai audiens target mereka karena mereka lebih memilih perusahaan tersebut untuk kembali ke industrinya. Jadi misalnya begini, sebuah perusahaan yang menawarkan makanan cepat saji telah di teliti bahwa makanan cepat saji tidak sehat. Jadi perusahaan bisa menggunakan kampanye rebranding untuk mengiklankan makanan yang sehat dan baru untuk mempromosikan makanan tersebut, dan meyakinkan para pelanggan bahwa makanan tersebut sehat.

4. Musiman

Salah satu produk musiman seperti produk Pendidikan atau produk musim yang sesuai dengan apa yang dikampanyekan selama musim tertentu. Kampanye musiman tersebut melibatkan diskon atau penawaran lain yang berdasarkan musim seperti Lebaran, Natal, atau perayaan lainnya.

5. Pemasaran Kontes

Kampanye ini bukanlah konsep baru, namun telah menjadi semakin populer berkat media sosial. jenis dari kampanye ini bisa mendorong para pengguna web baru untuk menyebarkan produk perusahaan.

Contohnya, didalam sebuah perusahaan yang menjalankan kampanye pemasaran kontes ini pada akun media sosialnya yang bertujuan untuk mempromosikan produk baru. Dalam mengikuti kontes, pengguna harus menandai minimal 3 teman di komentar pada postingan perusahaan tersebut dan mengikuti akun dari perusahaan tersebut. Hal ini akan memberi perusahaan pengikut baru dan berterimakasih kepada para pengguna yang menandai teman-temannya yang kemungkinan tidak tau tentang merek tersebut, jadi secara otomatis akan menyebarkan kesadaran akan perusahaan.

Jenis-jenis Kampanye Pemasaran Digital

1. Kampanye Monetisasi

Ketika mengembangkan bisnis dalam jumlah prospek yang stabil, kampanye pemasaran ini ditargetkan untuk mengubah prospek itu menjadi pelanggan dengan jangka panjang. Kampanye itu sudah pertimbangkan nilai merek yang telah ditetapkan, jadi hanya berkonsentrasi dengan penilaian produk dan poin dari pelanggan. Pemasaran digital ini merupakan salah satu bentuk kampanye monetisasi yang terbaik dikarenakan bisa menyebabkan pelanggan membeli lebih dari satu produk yang ada di perusahaan tersebut dan mengembangkan rasa loyalitas mereka akan merek. Kampanye monetiasi ini berfungsi sebagai alat dalam kampanye video dan pemasaran email. Kampanye ini juga menggunakan platform berbayar untuk mengjangkau secara luas prospek dalam pencarian pelanggan.

2. Akuisisi

Tujuan utama dari kampanye pemasaran digital adalah untuk menaikkan kesadaran. Kampanye tersebut memiliki tujuan untuk menciptakan pelanggan yang baik dengan cara mengembangkan pelanggan yang prihatin terhadap merek tersebut. Kampanye akuisisi ini kurang terkonsentrasi dengan konversi prospek dan lebih relevan dalam membuat kampanye pemasaran digital terkait dengan akuisisi yang dikembangkan. Kampanye yang berbasis dengan nilai merek sering digunakan untuk mengembangkan kampanye akuisisi.

 

 

 

Baca Juga

PT Media Promosi Online

Digital Advertising Agency
Ruko Puri Dago No. A3
Jl. Terusan Jakarta, Antapani
Bandung 40293 - Jawa Barat
Indonesia

Sosial Media

Pembayaran

Pembayaran

Copyright © RajaKomen.com 2022 All Rights Reserved.
Advertiser order Instagram Komen 20
34 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 100
35 menit yang lalu.
Advertiser order Play Store Review 100
35 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 50
50 menit yang lalu.
Advertiser order Instagram Komen 50
47 menit yang lalu.
Advertiser order Instagram Komen 100
25 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 50
7 menit yang lalu.
Advertiser order 1000 subscribers YT
44 menit yang lalu.
Advertiser order Play Store Review 500
5 menit yang lalu.
Advertiser order 1000 subscribers YT
21 menit yang lalu.
Advertiser order IG Live Komen 100
21 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 100 View
53 menit yang lalu.
Advertiser order 50 kampanye posting
23 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 50 View Youtube
13 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Beli Komen Gmaps
32 menit yang lalu.
Advertiser order 100 Beli Komen Gmaps
3 menit yang lalu.
Advertiser order 100 kampanye posting
42 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 100 View Youtube
51 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Twitter Komen
20 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Komen Youtube
54 menit yang lalu.
Advertiser order 20 Komen Detik
38 menit yang lalu.